Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Tuesday, February 07, 2006

Tentang 430 Tahun di Mesir

[Mailling List]

Saya bukan ahli alkitab dan itung-itung angka, tetapi setahu saya orang Israel tinggal di Mesir aman-aman saja sampai Yusuf dan Firaun yang berkuasa mati baru penggantinya yang menjadikan orang Israel sebagai budak. Jadi menurut saya Kejadian 12:40 bercerita lama orang Israel tinggal di Mesir sejak masa kelaparan yang melanda seluruh negri sampai dibawa keluar oleh Musa, sedangkan Kejadian 15:13 dan Kisah 7:6 menyebutkan lamanya bangsa Israel sejak menjadi budak di Mesir sampai keluar dari Mesir. Itulah pendapat saya, mungkin ada yang ahli Alkitab bisa kasih pencerahan lebih baik atau lebih benar.

Galatia 3:17 menyebutkan 430 tahun seakan dari Abraham sampai Musa mengenalkan hukum Taurat itu 430 tahun. Saya yakin Paulus berbicara dengan ilham Roh Allah dan tidak salah. Paulus bukan sedang berbicara angka matematis tetapi angka kiasan rohani.

Mengapa Paulus menyebutkan 430 tahun? Sebab Janji itu diberikan kepada Abraham, kemudian diteruskan kepada Ishak bukan pada Ismael dan selanjutnya kepada Yakub bukan pada Esau. Setelah Yakub maka janji itu bukan lagi untuk satu orang tetap untuk 12 keturunan Yakub, semua anak Yakub menerima janji Allah (walau Yehuda mendapat istimewa). Sejak saat itu mereka tidak lagi tinggal di tanah Kanaan tetapi di Mesir selama 430 tahun. Ini adalah masa yang berbeda dengan masa Abraham, Ishak dan Yakub.

Dari tanah Kanaan Yakub pindah ke Mesir, dari tanah perjanjian ke tanah perbudakan selama 430 tahun. Karena itulah dengan ilham Roh, Paulus mengatakan dari janji Allah kepada Abraham (termasuk juga Isak dan Yakub)sampai kepada diturunkannya hukum Taurat itu 430 tahun lamanya. Jangan semua angka dihitung secara matematis, kadang Allah berbicara tentang angka secara rohani yang mempunyai rahasia yang indah. Tidak iseng Paulus menyebutkan angka tersebut, tanpa disebutkan pun maksud ucapan dalam Galatia 3:17 tidak hilang, tetapi dengan diucapkannya 430 tahun maka menegaskan tentang masa hidup di Mesir berbeda dengan masa Abraham Isak dan Yakub di Kanaan.

Apapun juga yang tertulis dalam Alkitab, saya yakin Alkitab tidak pernah bohong dan dari TB dihubungkan ke TL tidak pernah tidak singkron. Kalaupun ada yang tidak dipahami tentu bukan Alkitabnya yang salah tetapi kita saja yang belum mengerti, memang sepintar apa kita ini mau menghakimi tulisan yang diilhamkan Allah? Malah Alkitab menyebutkan:

21 Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil. 22 Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, 23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, 24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. (1 Korintus 1:21-24)

Kalau ada orang yang meragukan isi Alkitab (isinya bohong), ia meragukan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Kristus sebab seluruh isi Alkitab menceritakan Yesus dan karyaNya, baik dulu, kini dan akan datang. Jangan beri kesempatan kepada Iblis untuk berbicara tentang dusta didalam hati dan pikiran anda.

Tetapi kalau sekedar diskusi untuk mencari tahu apa kebenaran dibalik semua yang tidak kita ketahui saya rasa banyak hambaNya yang bisa membantu anda. Tetapi jangan sebut Alkitab BOHONG! Semakin kita selidiki Firman Tuhan semakin banyak rahasia yang dibukakan seperti yang dikatakan Daniel 12:4.

----- Original Message -----
From: andregm To: kcc-usa@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 06, 2006 7:45 PM
Subject: [Kristian-Culture] Alkitab BOHONG!

Dear all

Bagi yang concerned silakan buka Alkitab terbitan LAI dan periksabagian-bagian berikut:

(#1) Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluhtahun. (Keluaran 12:40)

(#2) Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidakdapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluhtahun kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya. (Galatia 3:17)
(Note: Janji yang dimaksud Paulus adalah janji Tuhan kepadaAbram, Kejadian 12:1-4)

(#3) Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwaketurunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukankepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratustahun lamanya. (Kejadian 15:13)

(#4) Beginilah firman Allah, yaitu bahwa keturunannya akan menjadipendatang di negeri asing dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiayaempat ratus tahun lamanya. (Kisah Para Rasul 7:6)

(#5) Keluaran 6:16-20; 1Tawarikh 6:1; 1Tawarikh 23:6-13. Daridata-data ini, yakni mengenai usia keturunan Yakub s/d Musa, dapatdisimpulkan bahwa lamanya Yakub dan keturunannya berdiam di Mesir -- sampaiexodus dari sana dibawah pimpinan Musa -- paling lama hanya sekitar 350tahun!

Well, how do you conclude selain bahwa informasi dalam PL dan PB tidakkonsisten?

Rgds;-)@

1 Comments:

At 8:12 PM, September 06, 2008, Blogger IBADAH RAYA said...

org israel masuk mesir di zaman Yusuf menjadi penguasa mesir, maka penganiayaan thd org israel terjadi setelah Yusuf mati. maka ada perbedaan puluhan tahun antara org israel masuk mesir sebagai org pendatang dan dianiaya. 430 tahun di mesir tapi dianiaya 400 tahun.

 

Post a Comment

<< Home