Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Monday, February 06, 2006

BERDOA

Apa itu doa?
Berbicara/bercakap-cakap kepada Allah. Kalau terhadap sesama manusia kita bisa langsung berbicara, tetapi berbicara kepada Allah manusia mengistilahkan dengan kata "doa".

Pengkhotbah 5:1 mengatakan bahwa berbicara kepada Allah harus hati-hati, jangan sembrono. Apalagi mengata-ngatai Allah. Jangan!

Mengapa Kita Berdoa?
Kalau kamu punya sahabat/pacar/ortu apakah kita tidak perlu bicara kepada mereka? Terlebih lagi Tuhan yang mana seluruh hidup kita tergantung padaNya.

Kita perlu berdoa. Orang yang tidak mau berdoa itu orang sombong yang meremehkan Tuhan penyelamat kita. Manusia tidak dapat berbuat sesuatu tanpa Tuhan. (Amsal 16:3, 19:21).

Kita berdoa karena Tuhan ingin berbicara dan mendengarkan kita. Tuhan mencintai kita karena itu Tuhan rindu kita berdoa. Lagipula yang diuntungkan juga manusia.

Kapan Tuhan Mau Kita Berdoa
1. Pada saat ada masalah
Tuhan ingin kita mencariNya pada saat badai kelihatan akan datang (Mazmur 32:6-7). Juga pada saat badai itu telah datang (Mazmur 50:15, 31:22-23, 1Petrus 3:12).
2. Pada saat tidak ada masalah
Tuhan ingin kita berdoa setiap hari. Seperti Daud (Mazmur 5:4) pagi dan malam (Maz 4-5). Inilah doa yg dimaksud dalam Matius 6:6. Biasakan doa yg rutin, seperti imam besar.
3. Bahkan setiap saat
Tuhan ingin setiap waktu kita berdoa kepadaNya (Efesus 6:18). Terus-menerus berdoa (1Tes 5:17). Baik dalam Roh maupun akal budi.

Apa yang Kita Doakan/Bicarakan
Lukas 11:1-4 / Matius 6:9-13
1. Akuilah Tuhan
Iman harus ada pengakuan (Roma 10:10). Tuhan patut dibesarkan dan diagungkan.
2. Mintalah
Tuhan menyuruh kita meminta walau Tuhan tahu sebelum kita minta (Matius 6:8).
3. Jauhkan dari dosa
Mintalah tolong dijauhkan dari dosa, diberi kekuatan. Ingat tanpa kekuatan doa kita mudah jatuh dalam pencobaan (Matius 26:41).

Untuk Siapa Kita Berdoa
1. Dirikita sendiri
Masalah kita, kebutuhan, kekawatiran, isi hati, keinginan, pikiran, rencana, cita-cita, kegembiraan, sukacita kita dll.
2. Orang Kristen didekat kita
Tuhan menghendaki kita berdoa untuk orang2 kudus (Roma 8:27).
3. Orang berdosa didekat kita
Tuhan juga menghendaki kita berdoa bagi keselamatan orang berdosa. Ini namanya doa syafaat.

Bagaimana Kita Berdoa
1. Menenangkan diri
1 Petrus 4:7 mengatakan pertama kita harus menguasai diri dan jadi tenang baru bisa berdoa.

2. Dengan iman yg bulat
Kemudian berdoa dengan iman, jangan bimbang (Yakobus 1:6-8, Matius 21:22). Yakinlah bahwa Tuhan pasti akan mamberi seakan kamu telah menerimanya (Markus 11:24).

3. Memakai nama Kristus
Berdoalah/mintalan didalam nama Tuhan Yesus, niscaya Bapa akan mengabulkan doa kita (Yohanes 16:23-24).

4. Dengan bantuan RohKudus
Apa yg tidak dapat diucapkan, isi hati yg terdalam dan segala yg bahasa manusia tidak dapat menjabarkannya, RohKudus akan menolong (Roma 8:26).

Syaratnya Agar Didengar
1. Tidak hidup dalam dosa (Yohanes 9:31) Karena dosalah yang menghambat doa kita (Yasaya 59:2).

2. Meminta yang baik (Mazmur 66:18) dan sesuai hati Allah (1 Yohanes 5:14). Bukan untuk hidup foya-foya menuruti hawa nafsu (Yakobus 4:3).

3. Jangan berharap pada yang lain, selain Tuhan (Mazmur 33:18, 71:5, 39:8). Karena Tuhan itu pencemburu dan tanda tidak ada iman. Jangan pernah berani berharap pada manusia (Yesaya 2:22) apalagi setan.

Yakabus 5:16 - Doa orang benar, didoakan dgn yakin. Besar kuasanya.
AMIN.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home