Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Wednesday, February 01, 2006

Diutus Dari Semula

FT 30-01-2005
DIUTUS DARI SEMULA
Yeremia 1:4-8

Yeremia 1:4-5
Sebelum kita ada, Tuhan telah mengenal kita. Sejak dalam kadungan Tuhan sudah menyiapkan kita (Galatia 1:15). Semua yang berada disini adalah special. Kalian bukan sedang berada dirumah nonton TV atau di mall-mall tapi disini. Apa kalian sadar?

Roma 9:11-14, menjelaskan bahwa Allah telah memilih orang yang layak dan patut dipilih bukan berdasar perbuatan baiknya atau kehebatannya (Efesus 2:8-9). Tuhan mencintai Yakub, membenci Esau sejak sebelum mereka lahir, bukan karena parbuatan meraka (Roma 9:15-16).

Ingat tentang undangan pesta kawin raja dalam Matius 22:8-10 bukan oleh karena kepantasannya mareka masuk. Demikian juga dengan kita. Kita telah dipilih jangan seperti Matius 22:11-13.

Kita dikenal Allah bukan ditakdirkan untuk selamat sejak dari kandungan. Roma 8:29 (KJV). Allah mengenal kita sebelum lahir sampai mati kita, Allah sudah tahu tentang kita. Karena itu Allah mencintai Yakub dan membenci Esau.

Kita seperti Yakub atau Esau?
Tapi kita ada disini, Yeremia 1:5 mengatakan bahwa sebelum kita lahir Allah telah menyiapkan kita (menguduskan), sampai saat ini, kita disiapkan Allah. Firman Tuhan hari ini adalah bagian persiapan Allah (Yohanes 17:17). Jangan biarkan FT yg didengar lalu begitu saja.

Kita dibentuk menjadi serupa dengan Kristus (Kolose 3:9-10). Dalam segala sagi hidup setiap hari. Anda mau disiapkan?

Untuk Apa?
Untuk ditetapkan menjadi alat-Nya. Tuhan ingin memakai kita yg telah dikenalnya sejak dari kandungan. Tuhan yang memilih kita bukan kita kata Yohanes 15:16

Kita dituntut untuk menghasilkan buah sesuai dengan bagian kita masing-masing (1 Korintus 12:18) di dalam bagian kita, kita akan dapat bertumbuh (Efesus 4:16).

Apa Bagian Kita?
Bagian kita ada didepan kita, disekitar kita. Lampu untuk menerangi sekitarnya (Matius 5:15). Seperti Yesus diutus untuk melayani di Israel (Matius 15:24) dan yang lain ditempat lain (Kis 22:21). Masing-masing mendapat bagian pekerjaan yg harus diselesaikannya (Yohanas 4:34). Amsal 20:13 mengatakan buka mata kita dan kamu akan melihat tugas itu dan selasaikan sampai akhir (2 Timotius 4:6-8).

Jangan tidur aja jadi orang kristen. Lakukan pekerjaanmu, Tuhan sudah siapkan (Efesus 2:10). Cari tahu apa bagian kita yg telah disiapkan Tuhan.

Juga jangan ingini bagiannya orang lain (1 Korintus 12:17), nanti kita tidak bisa bertumbuh dan malah bantut.

Ada pelayanan gereja atau organisasi, ada juga pelayaan pribadi keduanya kita memiliki bagian tugas yg harus kita jalani. Lebih lengkap lihat diklat PD.

Yeremia 1:6-7
Masih muda belum pandai bicara. Allah tidak cari orang pandai bicara. Yeremia, Musa (Kel 40:10), Petrus (Kis 4:13) dan masih banyak lagi, mereka bukan pandai bicara. Bahkan orang bodoh dapat dipakai Tuhan kata 1 Korintus 1:27.

Allah juga memakai orang dari sejak muda. Bukan usia dan pengalaman yang membuat kita bisa, tapi Tuhan. 1Timotius 4:12, jadilah teladan bagi orang tua. Orang muda akan banyak dipakai diakhir jaman ini (Kis 2:17).

Jangan kita banyak alasan dan syarat. Merasa tidak mampu. Ya memang kita semua tidak mampu. Hanya oleh Roh Allah saja kita mampu (Zakharia 4:6). Ini pekerjaan Allah bukan manusia (2 Korintus 3:5-6). Yohanas 3:34 mengatakan akan dicurahkan Roh Allah dgn tak terbatas pada orang yg diutusnya. Yesaya 61:1-4 inilah pekerjaan Roh Allah secara garis besarnya.

Yeremia 1:8
Karena itu dalam Yeremia 1:8 dikatakan jangan kita takut sebab Roh Allah beserta dgn kita. Bukan kata-kata kita yg kita ucapkan, bukan perbuatan kita, kita bisa semua sebab pekerjaan Allah (2 Korintus 3:5-6) dan kita hanya alat. Paulus katakan seperti bejana tanah liat yg simpan permata (2 Korintus 4:7).

Karena itu jangan takut pergi dan berbicara (Yer 1:7), sebab ada kuasa di mulut kita (Yeremia 1:9). Firman ada dimulut kita kata Roma 10:8 dan Tuhan akan meneguhkannya (Ibrani 2:4). Asal kita tidak cari muka atau hormat atau pujian (Yohanes 7:18). Seperti anak-anak Skewa (Kis 19:13-16).

Lakukanlah maka kamu akan melihat pekerjaan Allah dihidupmu. Pergi dan katakanlah. Jangan takut salah, asal hati ini tulus bukan cari diperkenan manusia (Galatia 1:10).

Sebagai ayat penutup Efasus 5:14-17. Bangunlah dan biarkan Kristus barsinar dalam hidupmu. Waktu yg tersadia tidak banyak.

Amin.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home