Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Saturday, February 04, 2006

Pemberita Injil

Roma 10:13-16
Berseru - percaya - mendengar - memberitakan - diutus.

Roma 10:13
Setiap orang yg berseru pada Tuhan akan diselamatkan. Ini bukan asal bersaru Tuhan, Tuhan seperti Lukas 6:46. Tetapi yang dimaksud dijelaskan di ayat sebelumnya, Rom 10:9-10. Mengaku dengan mulut dan percaya di hati. Karena itu dalam 2Tim 2:19, dikatakan yang berseru pada Tuhan harus meninggalkan kejahatan. Jika percaya maka kita taat dan melakukan kehendakNya.

Roma 10:14
Kita harus percaya dahulu baru bisa mengaku Yesus adalah Tuhan. Untuk percaya kita harus dengar beritaNya. Berita keselamatan ini adalah berita bahwa Yesus adalah Tuhan dan Ia mati dan bangkit bagi kita.

Tuhan tulis ayat ini supaya kita tahu bahwa tidak ada orang yg diam-diam selamat. Harus ada orang yang memberitakan keselamatan itu.

Roma 10:15
Siapa yang memberitakan berita keselamatan dlm Kristus? Mereka yang diutus. Siapa yg diutus? Kita, Yohanes 20:21 murid-muridNya. Dikanal dengan Amanat Agung yaitu amanat pengutusan Matius 28:19-20.

Sudahkah kita merasa diutus? Diutus kemana?

Kita diutus seperti domba ditengan serigala (Mat 10:16). Tetapi jangan kawatir, sebab Tuhan lengkapi juga dengan kuasa yang besar (Markus 16:15-18). Saat diutus Tuhan Yesus memberi kita Roh Kudus (Yoh 20:21-22), itulah kuasa dari Tuhan (Kisah 1:8).

Semua perkataan kita jadi penuh dengan kuasa seperti Yesus (Luk 4:23) dan Tuhan sendiri yg akan meneguhkan kesaksian kita dgn tanda-tanda dan mujizat kata Ibrani 2:4. Kita cukup hanya buka mulut dengan hati yg suci dan tulus tidak ada maksud tersembunyi (1Tes 2:4-6). Selebihnya pekerjaan Tuhan.

Jangan jadi hamba yang jahat, yang tidak berbuat apa-apa malahan penuh dengan kejahatan. saat tuannya datang ia akan dibinasakan (Matius 24:45-51)

Rom 10:16
Tidak semua orang mendengar berita Injil Kristus menjadi percaya. Hanya mereka yang mendapat karunia dari Tuhan. Matius 16:16-17, Bapa yang di Surga yang mengaruniakannya pada Petrus dan juga kita semua. (Yoh 17:6-9). Seperti ada tertulis kita diselamatkan karena kasih karunia bukan perbuatan kita (Efesus 2:8-9).

Karena itu dalam Matius 10:14 dikatakan jika mereka tidak mau menerima berita keselamatan itu, tinggalkan. Tidak perlu buang waktu. Kebaskan debu dari kaki sebagai peringatan. Tidak semua orang akan selamat. Hanya mereka yg mau menerima berita injil.

Tetapi janji Tuhan atas seisi rumah tetap berlaku (Kis 16:31). Jika dirumah kita ada yg belum percaya, doakan dan beritakan berita injil.

Keselamatan akan datang jika seseorang percaya di dalam hati dan mengaku dengan mulutnya. Setelah itu kamu akan melihat buahnya (Mat 3:8).

Selanjutnya:
Jadikan mereka muridKu kata Tuhan Yesus. Ajarkan tentang kebenaran dan hidup didalamNya seperti Kristus telah hidup. Ini juga penting, Roma 10:1-3 mengatakan mereka tidak takluk pada hukum Allah. Bisa disesatkan iblis (2Tes 2:10-12).

Setelah bertobat harus tumbuh menjadi seperti kristus. Murid akan menjadi seperti gurunya (Mat 10:25).

End.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home