Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Monday, July 30, 2007

SUNGGUH AMAT BAIK


Kejadian 1:31 - 2:1


Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.


Allah menciptakan dunia ini dan menyebutnya "sungguh amat baik". Bagaimana dengan kita, apakah kita juga menyebut ciptaanNya "sungguh amat baik"? Apakah kita melihat pasangan hidup kita, anak-anak kita, rumput, pekerjaan dan sekeliling kita sungguh amat baik? Atau sebaliknya, setiap hari mengerutu dan menganggap segalanya buruk?


Saat dosa masuk kedalam dunia, segala yang baik dirusaknya (Pengkotbah 9:18), tanah yang indah ini menjadi terkutuk (Kejadian 3:16-19). Karena dosa, maka segala yang amat baik ini menjadi kesedihan, penderitaan dan kesusahan (Ayub 14:1). Tetapi, syukur kepada Allah, bahwa Tuhan Yesus Kristus datang kedunia ini, mati dan bangkit untuk menjadikan kembali segala sesuatunya menjadi amat baik (Markus 7:37), sehingga kita sekarang dapat mengatakan bahwa hidup kita saat ini "sungguh amat baik" didalam Kristus (Roma 8:28).


Jika dosa masuk kedalam hidup kita, maka seperti tanah yang terkutuk, demikianlah hidup seorang berdosa penuh dengan kesedihan, penderitaan dan kesusahan, bahkan didalam tertawapun, hati sebenarnya merana (Amsal 14:13). Bertobat, tinggalkan dosa (1 Yohanes 1:9) dan biarkanlah Kristus bercahaya didalam hidupmu (Efesus 5:14-16). Maka tanah yang terkutuk ini, akan disebut kembali, "sungguh amat baik".


Mari, kita bersama-sama melihat segala ciptaanNya, segala yang disekeliling kita adalah sungguh amat baik. Karena memang, Ia menjadikan segala-sesuatunya amat baik bagi kita.


Amin


0 Comments:

Post a Comment

<< Home