Catatan Kotbah

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)

Friday, February 13, 2009

Juruselamat Adalah Allah




Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah.


(Yesaya 43:11-12)



Kitab Yesaya ditulis kurang lebih pada tahun 700-680 SM. Naskah tertua yang ditemukan selain naskah yang disalin turun termurun (
Massoretis)
, adalah naskah dari gua-gua di Laut Mati (Qumran) yang ditemukan tahun 1947. Usia naskah tersebut diperkirakan oleh para ahli arkeologi ditulis (disalin) pada tahun 125 SM. Naskah dari Laut Mati tersebut membuktikan teks salinan kitab Yesaya sebelumnya, yang dimiliki secara turun-temurun atau tradisi telah disalin dengan tepat huruf per huruf.


Didalam salah satu teks kitab Yesaya tersebut, dituliskan bahwa Juruselamat Isreal itu adalah Tuhan sendiri. "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku" Ini adalah salah satu dari banyak ayat dalam kitab-kitab Perjanjian Lama yang menjelaskan bahwa Juruselamat itu adalah Tuhan Allah.


Tidak ada manusia yang dapat menjadi juruselamat bagi dirinya sendiri (Mazmur 49:8). Bahkan manusia yang meminta pertolongan kepada sesama manusia itu disebut sebagai hal yang sia-sia (Mazmur 60:13) dan terkutuk dihadapan Tuhan (Yeremia 17:5).



BERITA KESELAMATAN


Berita tentang datangnya Juruselamat yaitu Mesias, telah lama dikabarkan sejak Nabi Musa. Semua orang Israel menantikan Mesias datang sebagai Juruselamat. Sebelum Yesus datang, bangsa Israel menyangka Mesias datang untuk menyelamatkan Israel dari penjajahan bangsa-bangsa lain. Bahkan murid-muridNya pada awalnya juga menyangka demikian, tersirat dalam pertanyaan murid-murid dalam Kisah Para Rasul 1:6, Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"


Tetapi Tuhan datang sebagai Juruselamat, bukan untuk menyelamatkan Israel dari penjajahan bangsa-bangsa lain, bukan pula datang untuk mendirikan kerajaan Israel, melainkan untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan untuk menyatakan datangnya Kerajaan Allah (Lukas 4:43), yang bukan berupa kerajaan jasmani didunia (Lukas 17:20-21).


Tuhan mengasihi seluruh manusia tidak peduli dari bangsa manapun juga, Ia datang sebagai Juruselamat bagi kita semua, bagi segala bangsa di seluruh dunia, bukan hanya bagi orang Israel.



"Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." (Yesaya 49:6)


Kabar keselamatan telah lama di kabarkan, semua bangsa Israel telah menanti-nantikan datangnya Juruselamat yaitu Mesias. Dari mulut nabi-nabiNya, berita itu disampaikan sampai genap waktunya Tuhan sendiri yang akan menyelamatkan manusia. Yesaya 43:12 mengatakan, Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, ..." Tuhan sendiri yang memberitahukan sejak ribuan tahun lalu, dan Tuhan sendiri yang akan datang menyelamatkan dan Tuhan sendiri pula yang akan memberitakan kabar keselamatan tesebut. Serangkaian pekerjaan Tuhan yang dijelaskan dalam kitab Yesaya telah kita lihat hari ini. Berita injil keselamatan didalam Tuhan Yesus Kristus telah berkumandang keseluruh ujung bumi.



"Pergilah keseluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk." (Markus 16:15). Keselamatan bagi bangsa-bangsa telah tiba. Juruselamat itu ternyata datang bukan untuk membebaskan Israel dari penjajahan bangsa-bangsa lain, tetapi datang untuk menyelamatkan manusia dari kebinasaan kekal. Allah bukan hanya untuk bangsa Israel, sebab ia adalah Allah seluruh bumi. Ia adalah Tuhan bagi segala bangsa.


Sekarang berita tentang keselamatan itu telah diberitakan diseluruh dunia. Kata "memberitahukan" dan "mengabarkan" yang ditulis dalam kitab Yesaya 43:12, memiliki arti kata yang berbeda. Kata "memberitahukan" dari kata Nagad (naw gad') dalam bahasa Ibrani yang artinya: pesan yang disampaikan didepan, sedangkan kata "mengabarkan" dari kata shama' (shaw-mah') dalam bahasa Ibrani yang berarti: memberitakan atau mempublikasikan sesuatu kejadian yang telah terjadi.


Allah sendiri yang menyampaikan janji keselamatan itu, Allah sendiri yang menyelamatkannya dan Allah sendiri yang mengabarkan berita keselamatan itu sendiri. Seperti yang dikatakan oleh Rasul Paulus dalam 2 Korintus 3:5, Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah
. Paulus tahu, pelayanan pemberitaan injil dan tugas kerasulan yang ia jalani adalah pekerjaan Allah, bukan pekerjaan manusia. Allah sendiri yang akan berkata-kata, kita semua umat tebusanNya hanyalah saksi-saksi bagiNya seperti yang dikatakan Yesaya 43:12, "Kamulah saksi-saksi-Ku, demikianlah firman TUHAN".


Kita adalah saksi-saksiNya, kita diutus dan diberi kuasa dari tempat yang tinggi untuk menjadi saksiNya (Kisah Rasul 1:8, Lukas 24:48-49).


Sudahkah kita menjadi saksiNya? Sudakah kita memberitakan berita keselamatan itu? Mari kita melibatkan diri didalam pekerjaan Allah, menjadi saksi dalam memberitakan kabar baik, kabar keselamatan kepada seluruih dunia. Dimulai dari orang-orang yang berada didekat kita, katakanlah, "Keselamatan yang dari Allah telah datang!"



Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? (Roma 10:13-14)


Maka seperti yang dikatakan oleh Allah dalam kitab Yesaya 43:12, "dan Akulah Allah". Kata tersebut, menunjukan bahwa didalam namaNya, Allah akan menyatakan kebesaranNya. Kesaksian kita akan diteguhkan dengan tanda-tanda dan mujizat (Ibrani 2:4). Kata-kata kita akan penuh kuasa dan urapan (Yohanes 3:34). Kita berbicara atas nama Allah, dan Allah sendiri yang akan menunjukan kebesaran namaNya. Ia adalah Juruselamat bagi segala bangsa.


Amin

0 Comments:

Post a Comment

<< Home